KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SHAPING

Authors

  •   Noviantika Monicana  Universitas PGRI Argopuro Jember,  Indonesia
  •   Siti Mukarromah  Universitas PGRI Argopuro Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v2i2.60
 

Keywords:

Konseling, Individu, Behavior, Shapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perubahan dan perbaikan dalam bidang pendidikan meliputi berbagai komponen yang terlibat di dalamnya baik itu pelaksana pendidikan di lapangan (kompetensi guru dan kualitas tenaga pendidik), mutu pendidikan, perangkat kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan dan mutu menejemen pendidikan termasuk perubahan dalam metode dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Upaya perubahan dan perbaikan tersebut bertujuan membawa kualitas pendidikan Indonesia lebih baik. Untuk menghadapi tantangan ini diperlukan kesiapan individu secara fisik dan mental, agar lebih mampu mengatasi berbagai hal dalam mencapai kesuksesan.

References

Angga Eka Yuda Wibawa, Anwar Sutoyo, Sugiyo yang berjudul Pengembangan Model Konseling Kelompok Behavior dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kabupaten Lamongan, Jurnal Bimbingan Konseling 2015.

Budiharjo, Paulus, Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1997.

Chapin. J.P. 2002.Kampus Lengkap Psikologi.Terjemahan oleh Kartini Kartono. Jakarta:Raja G.

Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, (Bandung: Refika Aditama, 2009), hlm. 196.

Komalasari, Gantina, Teori dan Teknik Konseling, Jakarta Barat:PT. Indeks,/2011.

Latipun, Psikologi Konseling, Malang: UMM Press, 2008.

Lumongga Lubis, Namora, Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana prenada media group, 2011.

Namora lumongga Lubis, memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik, (Jakarta: Kencana prenada media.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Monicana, N., & Mukarromah, S. (2023). KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SHAPING. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 313–347. https://doi.org/10.70412/itr.v2i2.60