OPTIMALISASI MUTU PENDIDIKAN ISLAM MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM BINGKAI KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU KERJA YANG INKLUSIF

Authors

  •   Ikhwanul Muslimin  Institut Agama Islam Negeri Kediri,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v2i2.59
 

Keywords:

Komunikasi Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Kerja, Optimalisasi Mutu Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi organisasi dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Konsep dan teori komunikasi organisasi, termasuk model komunikasi organisasi, komunikasi dalam organisasi, dan peran kepemimpinan dalam komunikasi telah dijelaskan sebagai dasar dalam pemahaman strategi komunikasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi literatur, peneliti menggunakan beberapa buku, jurnal, dan hasil obserasi terbaru sebagai rujukan. Hasil temuan mengungkapkan bahwa strategi komunikasi yang baik dimulai dengan penentuan tujuan dan sasaran yang sesuai dengan visi pendidikan Islam lembaga. Pemahaman audiens, seperti siswa, dosen, dan staf, menjadi kunci dalam menyampaikan pesan yang relevan. Penggunaan saluran komunikasi yang tepat, pengelolaan krisis dan konflik yang sensitif, evaluasi dan umpan balik yang terus-menerus, serta keterlibatan seluruh komunitas pendidikan, adalah elemen penting dalam mencapai mutu pendidikan yang optimal. Artikel ini membuktikan bahwa komunikasi yang efektif adalah kunci untuk mencapai mutu pendidikan Islam yang optimal dan relevan dalam menghadapi tantangan zaman.

References

Amal, A. S. (2018). Pola Komunikasi Kyai dan Santri Dalam Membentuk Sikap Tawadhu di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Inject, 3(2), 253–272.

Aprianto, N. E. K. (2017). Peran Komunikasi Kepemimpinan Dalam Pengembangan Organisasi Perspektif Islam. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 263–284. https://doi.org/10.24090/ej.v4i2.2016.pp263-284

Arief, M., & Assya’bani, R. (2023). Eksistensi Manajemen Pesantren di Era Digital. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2548. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1541

Azizah, N. (2023). Komunikasi Organisasi: Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan. Universitas Sumatera Utara, 11(12), 1–11.

Burhanuddin, B. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v1i1.44

Choiriyah, C., Andayani, E., & Sarwoko, E. (2020). Kepemimpinan transformasional dan komunikasi organisasi: perannya terhadap kinerja karyawan. Management and Business Review, 4(2), 127–135. https://doi.org/10.21067/mbr.v4i2.5171

Erwhani, I. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan komunikasi Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak, 2(6), 1–17.

Evi Zahara. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Pimpinan Organisasi. Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi, 1829–7463(April), 8.

Fatmawati, I. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(2), 39–55. http://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/18%0Ahttps://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/download/18/14

Herman. (2020). Sejarah Pesantren Di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158. https://doi.org/10.35897/intaj.v4i1.388

Ismail, S. (2017). Al-Attas’ Philosophy of Islamic Education. Aricis Proceedings, 0(1), 341–350. http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/aricis/article/view/957

Ma’arif, S. (2011). Mekanisme pengambilan keputusan di Pondok Pesantren studi kasus di Sidogiri Pasuruan dan Darul Ulum Jombang. http://digilib.uinsby.ac.id/30854/

Mahipal, & Wahyudin, Y. (2013). Membangun Kepribadian Unggul Insan Akademika. Majalah Ilmiah Wawasan Tridharma, 25(9), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1102.0003

Mahmudah, D. (2015). Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Dalam Organisasi (Communication, Leadership Style and Motivation in Organization). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19(2), 285–302.

Mansyuri, A. H., Patrisia, B. A., Karimah, B., Sari, D. V. F., & Huda, W. N. (2023). Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376

Muh. Fiqih Shofiyul Am; Shidiq; Mardiyah. (2023). Implementasi Penjaminan Mutu Internal Di Madrasah Diniyah PP. Al-Hidayah Tanggulangin Sidoarjo. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.103

Mukhtar, Minnah el-Widdah, M. P. (2020). The Impression of Kiai’s Leadership In Managing Islamic Boarding Schools. International Journal of Educational Review, 2(1), 1–17.

Muslimin, I. (2023). POLICIES TO OVERCOME EDUCATION PROBLEMS WITH NEW INNOVATIONS IN THE ERA OF SOCIETY 5.0. Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 11–30. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/manhaji.v2i2.451

Muslimin, I., & Yasin, M. (2023). Parent Participation in Improving the Quality of Educational Institutions. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(20), 127–135. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/rosikhun.v2i2.20752

Nasution, N. A. (2023). Lembaga Pendidikan Islam Pesantren. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 36–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.36-52

Pramitha, D. (2020). Revitalisasi Kepemimpinan Kolektif-Kolegial Dalam Membangun Efektifitas Komunikasi Organisasi Pesantren (Studi Interaksionisme Simbolik Di Pondok Pesantren Jombang). Journal EVALUASI, 4(1), 45. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.355

Prasetijowati, T., Nurany, F., & Rahmawati, A. L. (2023). Peran Komunikasi Organisasi Bagi Pemimpin Dalam Menangani Problem Solving Di Ukm Badminton Club Universitas Bhayangkara Surabaya. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan Dan Sosial, 5(1), 73–83. https://doi.org/10.51747/publicio.v5i1.1264

Rahmah, S., & Prasetyo, M. A. M. (2022). Quality Islamic Boarding School Model: Linking the Principles of Teacher Professionalism and Organizational Management. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 6(2), 161. https://doi.org/10.35723/ajie.v6i2.249

Sa’diyah, I., & Fitrah, N. (2022). Pengambilan Keputusan Dan Penyelesaian Masalah Dalam Kepemimpinan Di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 253. https://doi.org/10.32478/leadership.v3i2.1147

Siregar, M. K. (2018). Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263

Supratomo, M. F. A. Y. H. (2015). Analisis Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi Antara Atasan-Bawahan Dalam Membangun Budaya Organisasi di Lingkungan Sekretariat DPRD Kota Bengkulu. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(3), 328–343. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/630

WATTIMENA, D., & LATUHERU, R. D. (2020). Komunikasi Organisasi Terhadap Gaya Kepemimpinan Para Pemimpin Pada Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Badati, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.38012/jb.v2i1.410

Zahroh, A. (2019). Strategi Pengambilan Keputusan Personal Dan Bersama Di Pesantren. Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–19.

Zega, Y. A. (2023). Komunikasi Efektif Dalam Bingkai Kepemimpinan Organisasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 113–119. https://doi.org/doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.121

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Muslimin, I. (2023). OPTIMALISASI MUTU PENDIDIKAN ISLAM MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM BINGKAI KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU KERJA YANG INKLUSIF. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 325–347. https://doi.org/10.70412/itr.v2i2.59