ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN, MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI ISTI’DADIYAH DALAM MENYIAPKAN SANTRI BARU MASUK LEMBAGA REGULER

Authors

  •   Yusaul Anwar  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso,  Indonesia
  •   Miftahul Anam  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v1i2.24
 

Keywords:

Isti’dadiyah, santri baru, pesantren

Abstract

 Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Isti’dadiyah yang menjadi wadah bagi santri baru, khususnya yang belum berpengalaman madrasah diniyah sebelum mondok, dan menyiapkan mereka agar bisa bersaing di lembaga Ula, Wustha dan Ulya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan cara observasi sekaligus wawancara kepada beberapa narasumber bersangkutan, data yang diperoleh juga berasal dari data santri baru, gambar, kata berbentuk narasi dan hasil pengamatan. Sehingga dapat diketahui betapa pentingnya adanya Isti’dadiyah bagi santri baru, selain itu juga bisa membantu mereka para santri baru yang sudah memiliki usia di atas yang lain namun belum berpengalaman baca tulis arab. Adanya Isti’dadiyah juga mempersingkat pembelajaran baca kitab, yang seharusnya ditempuh dalam 3 tahun, dengan adanya isti’dadiyah cukup dengan 1 tahun. Karena masalah pesantren yang dialami sekarang banyaknya santri baru yang sudah memiliki usia setara kelas Ulya belum bisa apa-apa hingga harus dimasukkan ke Ula, hal ini menyebabkan santri yang bersangkutan tidak kerasan karena merasa malu, teman-temannya kecil semua, sedangkan dirinya sendiri sudah berusia lebih tua belum bisa baca arab. Isti’dadiyah bisa menjadi jembatan bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan pelajaran dalam waktu singkat.

 

 

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Anwar, Y., & Miftahul Anam. (2022). ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN, MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI ISTI’DADIYAH DALAM MENYIAPKAN SANTRI BARU MASUK LEMBAGA REGULER. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 130–147. https://doi.org/10.70412/itr.v1i2.24