PERAN STRATEGIS KEPEMIMPINAN SEKOLAH DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS DEEP LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.70412/itr.v4i2.223Keywords:
Kepemimpinan Sekolah, Deep Learning, Transformasi Pendidikan, Literasi Digital, Kebijakan PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis kepemimpinan sekolah dalam mendorong transformasi pendidikan berbasis deep learning (DL). Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, mencakup analisis terhadap 8 artikel terpublikasi dalam jurnal terindeks Scopus (Q1) dan bereputasi. Hasil penelitian mengungkap lima strategi utama yang diimplementasikan oleh kepala sekolah: (1) penguatan infrastruktur teknologi, (2) pelatihan literasi digital bagi guru dan siswa, (3) penyusunan kebijakan sekolah yang mendukung DL, (4) kolaborasi dengan penyedia teknologi pendidikan, dan (5) evaluasi berkelanjutan terhadap implementasi DL. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi DL tidak hanya bergantung pada aspek teknis, tetapi juga pada kepemimpinan visioner, manajemen perubahan, dan pengelolaan ekosistem pendidikan yang adaptif. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model Strategic Deep Learning Leadership (SDLL) sebagai kerangka kerja bagi kepala sekolah dalam memimpin transformasi digital yang berkelanjutan, inklusif, dan berbasis bukti.
References
Ahmed, S. F., Alam, M. S. B., Hassan, M., Rozbu, M. R., Ishtiak, T., Rafa, N., ... & Gandomi, A. H. (2023). Deep learning modelling techniques: current progress, applications, advantages, and challenges. Artificial Intelligence Review, 56(11), 13521-13617.
Al-Aamri, M. S. H., Soliman, M., & Ponniah, L. S. (2024). Influencers of academic staff performance in higher education: the role of motivation, transformational leadership and involvement in strategic planning. Journal of Applied Research in Higher Education, 16(5), 1355-1372.
Aly, M. (2024). Revolutionizing online education: Advanced facial expression recognition for real-time student progress tracking via deep learning model. Multimedia Tools and Applications, 1-40.
Bhardwaj, P., Gupta, P. K., Panwar, H., Siddiqui, M. K., Morales-Menendez, R., & Bhaik, A. (2021). Application of deep learning on student engagement in e-learning environments. Computers & Electrical Engineering, 93, 107277.
Devi, A. C., Salamah, A. M., & Khoirani, E. (2025). Peran Teknologi Digital Dalam Manajemen Administrasi Guru Di SDN Panglegur 2 Pamekasan. PeTeKa, 8(2), 728-740.
Dewangan, N. K., & Chandrakar, P. (2024). Implementing blockchain and deep learning in the development of an educational digital twin. Soft Computing, 28(9), 6619-6636.
Etomes, S. E., Endeley, M. N., Aluko, F. R., & Molua, E. L. (2024). Transformational leadership for sustainable productivity in higher education institutions of Cameroon. Higher Education, 1-23.
Eustachio, J. H. P. P., Leal Filho, W., Salvia, A. L., Guimaraes, Y. M., Brandli, L. L., Trevisan, L. V., ... & Caldana, A. C. F. (2024). Implementing sustainability in teaching: The role of sustainability leadership and transformational leadership in the context of higher education institutions. Sustainable Development, 32(5), 5331-5347.
Fatmawati, I. (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 25-39.
Fullan, M., Azorín, C., Harris, A., & Jones, M. (2024). Artificial intelligence and school leadership: challenges, opportunities and implications. School Leadership & Management, 44(4), 339-346.
Ganaie, M. A., Hu, M., Malik, A. K., Tanveer, M., & Suganthan, P. N. (2022). Ensemble deep learning: A review. Engineering Applications of Artificial Intelligence, 115, 105151.
Guadensia, M., Mardatillah, B., Handayani, C. W., Wulandari, I., & Saputra, B. D. (2025). Strategi Penggunaan Modul Ajar IPAS Integrasi Deep Learning: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 3, No. 1, pp. 175-183).
Hawa, A. M., Hikmah, M. S., Latifah, H., Malik, F. A. U., Khotimah, S., Hidayat, F., ... & Sitompul, L. A. (2025). INOVASI DAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA 5.0. Cahaya Smart Nusantara.
Isnayanti, A. N., Putriwanti, P., Kasmawati, K., & Rahmita, R. (2025). Integrasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 911-920.
Jiang, B., Li, J., Lu, Y., Cai, Q., Song, H., & Lu, G. (2025). Eficient image denoising using deep learning: A brief survey. Information Fusion, 103013.
Kasim, M., & Surya, P. (2025). Dampak Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah terhadap Integrasi Teknologi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1-18.
Kovač, V. B., Nome, D. Ø., Jensen, A. R., & Skreland, L. L. (2025). The why, what and how of deep learning: critical analysis and additional concerns. Education Inquiry, 16(2), 237-253.
Levin, O. (2024). Simulation as a pedagogical model for deep learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 143, 104571.
Martiadi, R., Agustini, R., Nasir, T. M., Yudiyanto, M., & Kusuma, D. T. (2025). INTEGRASI DEEP LEARNING DALAM PENDIDIKAN ISLAM ADAPTIF: SEBUAH STUDI LITERATUR SISTEMATIS. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 817-826.
Meng, H. (2022). Analysis of the relationship between transformational leadership and educational management in higher education based on deep learning. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022(1), 5287922.
Moustafa Saleh, M. S., Elsabahy, H. E., Abdel-Sattar, S. A. L., Abd-Elhamid, Z. N., Al Thobaity, A., Mohammed Aly, S. M., & Shokry, W. M. (2024). Fostering green transformational leadership: the influence of green educational intervention on nurse managers’ green behavior and creativity. BMC nursing, 23(1), 393.
Oktaviani, R. (2024). Integrasi Teknologi Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. jurnal ilmu pendidikan, 1(1), 61-67.
Olaboye, J. A., Maha, C. C., Kolawole, T. O., & Abdul, S. (2024). Exploring deep learning: Preventing HIV through social media data. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(6), 1194-1205.
Rissi, A. R. Y., & Sinaga, D. (2025). AI Dan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning): Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 10-23.
Rojak, J. A. (2024). The Relationship of Transformational Leadership and Organizational Commitment in Higher Education. Bulletin of Science, Technology and Society, 3(1), 14-20.
Santiani, S. (2025). Analisis Literatur: Pendekatan Pembelajaran Deep Learning dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(3), 50-57.
Sharifani, K., & Amini, M. (2023). Machine learning and deep learning: A review of methods and applications. World Information Technology and Engineering Journal, 10(07), 3897-3904.
Sliwka, A., Klopsch, B., Beigel, J., & Tung, L. (2024). Transformational leadership for deeper learning: shaping innovative school practices for enhanced learning. Journal of Educational Administration, 62(1), 103-121.
Wicaksono, A. W., Wijayanti, E., & Chamid, A. A. (2025). Implementasi Sistem Berbasis Android untuk Monitoring Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. bit-Tech, 7(3), 732-741.
Zhang, C., & Li, H. (2022). Adoption of artificial intelligence along with gesture interactive robot in musical perception education based on deep learning method. International journal of humanoid robotics, 19(03), 2240008.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Zuo, M., & Wang, J. (2021). Higher education curriculum evaluation method based on deep learning model. Computational Intelligence and Neuroscience, 2021(1), 9036550.













