IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.70412/itr.v4i2.218Keywords:
Manajemen Perpustakaan, Minat Baca, Peningkatan Minat Baca SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya minat baca yang masih rendah, sehingga upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan memanfaatkan adanya perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dalam melakukan pengelolaan perpustakaan harus di dasari oleh teori manajemen agar tujuan yang ingin dicapai dapat di wujudkan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMK Negeri 1 Bondowoso. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan manajemen yang dilaksanakan disesuai dengan fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen perpustakaan di SMK Negeri 1 Bondowoso dalam meningkatkan minat baca siswa merencanakan beberapa kegiatan seperti pengembangan atau penambahan koleksi perpustakaan, program literasi, memberikan hadiah, promosi dan merencanakan inovasi dari penerapan manajemen perpustakaan membuat minat baca siswa SMK Negeri 1 Bondowoso dikatakan cukup baik hal ini dapat dilihat dari data statistik pengunjung dan peminjam buku.
References
Amelia, D., Qathrunnada, N., Arafah, B., & Pendidikan, J. (2024). Variabel yang Memengaruhi Kemampuan Literasi Membaca Siswa Indonesia : Analisis Berdasarkan Pendekatan MARS Variables Affecting Reading Literacy Ability of Indonesian Students : An Analysis Using the MARS Approach. 9, 9–12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.4966
B. Milles, M., & Hubrman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UI Press.
Bangsawan, I. P. R. (2023). Mengembangkan Minat Baca. PT Pustaka Adhikara Mediatama. https://books.google.co.id/books?id=hyWyEAAAQBAJ
Barnawi dan M Arifin. (2012). No Title (Ar-Ruzz Media (ed.); 1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Haidar, A. (2021). Program Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 639–647.
Hidayati, Ilham, Rahmaniah, R., Irwandi, M. H., Zainudin, M., Pratiwi, N. I., Karisma, R., Amalia, P., Risanti, R., Marchela, S., & Turangga, A. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Sebagai Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Di Sdn ii Keru. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7. https://doi.org/10.5281/zenodo.7803815
Hikmawati, N., & Munastiwi, E. (2019). Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 165–180. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-03
I Ketut Widiasa. (2007). Manajemen_Perpustakaan_Sekolah. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1), 1–14.
I Mustain. (2015). Kemampuan Membaca Dan Interpretasi Grafik Dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 Smpn. Scientiae Educatia, 5(2). www.syekhnurjati.ac.id
Indonesia, U. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia tentang pembudayaan kegemaran membaca No. 43 Tahun 2007 Bab XII pasal 48 ayat 3. 7(3), 213–221.
Lexy J. Moleong. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Lubis, H. A., & Siahaan, A. T. A. (2018). Di Man Kisaran. I(2), 203–231.
Lubis, L., Ardyawin, I., & Furbani, W. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Nusa Tengara Barat 2020. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 2(1), 33–37. https://doi.org/10.31764/jiper.v2i1.2220
Luthfiyah, F. (2016). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El-Dare, 1(2), 189–200. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/676/608
M, M. A. H., & Fitriani Jabbar, S. I. P. M. I. P. (2024). Manajemen Perpustakaan: Transformasi Perpustakaan Menuju Pelayanan Berbasis Digital. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=AmcUEQAAQBAJ
Mansyur, Mohamammad, 2021. (2021). Optimalisasi Manajemen Perpustakaan dan Signifikansinya Bagi Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah / Madrasah Mohammad Mansyur. Al-Manar, 10, 12–30.
Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400.
Permata, A. T., Setiawati, L., & Koerunnisa, L. (2023). Analisis Penerapan Fungsi Manajemen George Robert Terry di Perpustakaan Pitimoss. Journal of Librarianship and Information Science, 3(2), 94.
Putri, L. L. E., & Subekti, S. (2017). Pengaruh Pemberian Reward Pada Pola Pembinaan Minat Baca Pemakai di Taman Baca Masyarakat Lentera Hati Desa Sukomangli Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 1–13.
Sudirman Anwar, M. P. I. C. H. C. I., Dr. Said Maskur, M. A., & Muhammad Jailani, S. P. I. (2019). Manajemen Perpustakaan. Zahen Publisher. https://books.google.co.id/books?id=f-GKDwAAQBAJ
Sugiyono. (2017). Metode Penelitan Kualitatif. Alfabeta.
Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 190–206. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i2.135
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.
Terry, G. R., & Robert, G. (2024). FUNGSI MANAJEMEN GEORGE ROBERT TERRY DALAM PANDANGAN ISLAM. 10(02).
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v17i1.6580
Wijayanti, N., & Wicaksana, F. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen George R Terry Dalam Meningkatakan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2023.003.01.04
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283













