PERAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN INSTANSI PENDIDIKAN.

Authors

  •   Veri Pradana Putra  Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,  Indonesia
  •   Adrian Ramadani  Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,  Indonesia
  •   Syafira Nur Arisafitri  Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,  Indonesia
  •   Suratman Suratman  Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v4i2.191
 

Keywords:

Teknologi, Efektivitas, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Artikel ini mengkaji dua topik utama yang saling berkaitan dalam konteks transformasi digital di sektor pendidikan, yaitu perubahan sistemik dalam kepemimpinan pendidikan dan pemanfaatan aplikasi teknologi dalam pengelolaan dana sekolah. Pendekatan yang dipakai berupa studi pustaka dengan menelaah beragam referensi seperti jurnal nasional, jurnal internasional, dan buku relevan. Artikel “Digital Transformation in Education: Critical Components for Leaders of System Change” menyoroti bahwa transformasi digital mencakup lebih dari sekadar penggunaan teknologi, ia juga menuntut perubahan signifikan dalam proses dan sistem organisasi, di mana pemimpin pendidikan harus berperan sebagai agen perubahan. Sementara itu, artikel mengenai aplikasi ARKAS dan SIMBOS menunjukkan bahwa digitalisasi sistem pelaporan keuangan dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan Dana BOS. Kedua aplikasi ini mempermudah pelacakan anggaran secara real-time dan menyajikan data yang akurat untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Berdasarkan pembahasan, penulis menyarankan penguatan integrasi teknologi dalam manajemen keuangan, peningkatan kapasitas profesional pendidik dan administrator, serta kolaborasi yang lebih erat antar pemangku kepentingan guna menciptakan sistem pendidikan yang lebih transparan, akuntabel, dan adaptif terhadap perubahan digital.

References

Adnyani, Kadek Yudi, and I Gede Putu Banu Astawa. “Analisis Penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terhadap Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar Di Kabupaten Buleleng: Analisis Penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terhadap Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar Di Kabupaten Buleleng.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika 13, no. 3 (December 31, 2023): 359–67. https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.62815.

Lestari Wahyuni, Mursalim Mursalim, and Andi Nurwana. “Pengaruh Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) Dan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bos Terhadap Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Dana Bos Di Kota Makassar” 5, no. 4 (March 20, 2023). https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2315.

McCarthy, Aidan Michael, Dorit Maor, Andrew McConney, and Cathy Cavanaugh. “Digital Transformation in Education: Critical Components for Leaders of System Change.” Social Sciences & Humanities Open 8, no. 1 (2023): 100479. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100479.

Nurdin, Muhammad, Elsa Sely Rahmayani, and Yessica Devina Hutabarat. “Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Keuangan Negara.” JPNM Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin 3, no. 1 (January 14, 2025). https://journalpustaka.com/index.php/jpnm/article/view/340.

Rekasari, Meli Haryati. “EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH (Study Evaluativ Di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan).” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 14, no. 2 (October 30, 2020): 83–91. https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12870.

Widodo, Trisno, Ilham Muhammad, Rani Darmayanti, Nursaid Nursaid, and Diella Aprilani Luthfia Amany. “Manajemen Keuangan Pendidikan Berbasis Digital: Sebuah Kajian Pustaka.” Indonesian Journal of Educational Management and Leadership 1, no. 2 (July 2, 2023): 146–67. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i2.548.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Veri Pradana Putra, Adrian Ramadani, Nur Arisafitri, S., & Suratman Suratman. (2025). PERAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN INSTANSI PENDIDIKAN . IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 706–714. https://doi.org/10.70412/itr.v4i2.191