LEAN MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN ISLAM: MENJAGA EFISIENSI TANPA MENGORBANKAN MUTU

Authors

  •   Ufik Rohmatul Fitria  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,  Indonesia
  •   Agus Zaenul Fitri  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v4i2.181
 

Keywords:

Pendidikan Islam, Manajemen, Mutu, Efisien, Lean Manajemen

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan Lean Management dalam Lembaga Pendidikan Islam sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi tanpa mengorbankan mutu pendidikan. Dengan adanya wacana pengurangan dana BOS bagi sekolah swasta, sekolah Islam dihadapkan pada tantangan besar dalam mempertahankan kualitas dengan anggaran terbatas. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis berbagai studi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip Lean Management dapat mengoptimalkan sumber daya, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan efektivitas operasional sekolah. Kesimpulan penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pengelola pendidikan Islam dalam menerapkan strategi efisiensi yang tetap menjaga standar mutu.

References

Baidlowi, I. (2017). Sistem penganggaran pelaksanaan pendidikan madrasah ibtidaiyah swasta di Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(2), 460–461.

Dirham. (2019). Gaya kepemimpinan yang efektif. Dinamis: Journal of Islamic Management and Business, 2(1), 2.

Effendi, A. (2017). Manajemen pendidikan mutu. Yogyakarta: Media Akademi, 30-43.

Engkoswara. (2001). Paradigma manajemen pendidikan menyongsong otonomi daerah. Bandung: Yayasan Amal Keluarga, 42.

Fitri, A. Z., dkk. (2024). The dynamics of Islamic education system in shaping character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 88.

Franklin, P. S. (1993). Transforming education through total quality management: Practitioner's guide. New York: Eye On Education, 2.

Gunadi, H. (2023). Analisis penerapan lean manajemen pada tingkat kepuasan klien: Studi pada digital agency Newave Strategic di Jakarta Selatan. Journal of Research on Business and Tourism, 3(2), 89- 125.

Isep Djuanda. (2019). Peningkatan mutu pendidikan dalam perspektif manajemen berbasis sekolah: Penelitian pada SMA Almuslim Bekasi. Jurnal Kordinat, 18(1), 5–6.

Mahmud, M. (2012). Manajemen mutu perguruan tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 3.

Masruroh, A. (2023). Model penganggaran dan manajemen sekolah Islam di Indonesia. Jurnal Oportunitas Uniro Tuban, 4(1), 13.

Mubarok, R. (2019). Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Jurnal Al-Rabwah, 13(1), 28–43.

Redaksi KBBI Pusat Bahasa. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 945.

Sallis, E. (2010). Total quality management in education (Manajemen mutu pendidikan). Jogjakarta: Ircisod, 119-124.

Tilfarlioglu, F. Y., dkk. (n.d.). Lean method in education: Lean. Turkish Studies: International Periodical for the Languages, Literature and History of Turkish or Turkic, 12(6), 811, 826.

Umaedi. (1999). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah: Sebuah pendekatan baru dalam pengelolaan sekolah untuk peningkatan mutu. Jakarta: Depdiknas.

Umami, L. F. (n.d.). Planning (perencanaan) dalam manajemen pendidikan Islam. Mualim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(21), 147–157.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Ufik Rohmatul Fitria, & Agus Zaenul Fitri. (2025). LEAN MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN ISLAM: MENJAGA EFISIENSI TANPA MENGORBANKAN MUTU. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 675–692. https://doi.org/10.70412/itr.v4i2.181