IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Tantangan dan Peluang, Implementasi KebijakanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka, terdapat beberapa tantangan signifikan, termasuk kurangnya pemahaman guru terhadap prinsip-prinsip kurikulum, keterbatasan fasilitas, dan kebutuhan akan pelatihan yang lebih intensif. Di sisi lain, peluang yang muncul dari implementasi kurikulum ini mencakup peningkatan kreativitas peserta didik dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah dan pemerintah untuk mengatasi kendala-kendala tersebut agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan optimal dan memberikan dampak positif bagi pendidikan Bahasa Indonesia di Indonesia.
References
Anwar, Aep Saepul, And Fatkhul Mubin. “Reaktualisasi Dan Implementasi Sistem Pendidikan Islam Pada Madrasah Unggulan (Pengembangan Dan Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan).” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 4, No. 3 (2022): 573–88.
Arifin, Zainal. Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2011.
Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Haryati. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2014.
Mubin, Fatkhul. “Model-Model Pembelajaran Berbasis Madrasah Dan Kegiatan Lain Yang Diperlukan Di Dalamnya (Faktor Pendukungnya).” Jakarta, 2020.
Https://Www.Academia.Edu/43175821/Model_Model_Pembelajaran_Berbasis_ Madrasah_Dan_Kegiatan_Lain_Yang_Diperlukan_Di_Dalamnya_Faktor_Pendu kungnya20200527_99329_Cc7ifn.
Mubin, Fatkhul, And Abd Aziz. “Politik Pendidikan Islam Indonesia: Perlawanan Pesantren Terhadap Hegemoni Pendidikan Barat Era Kolonialisme Belanda.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3, No. 1 (2020): 123–36.
Mudlofir, Ali. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2012.
Mulyasa. Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Pt. Bumi Aksara, 2021.
Rosyid, Abdul, And Fatkhul Mubin. “Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Persepektif Budaya Religius.” Alim | Journal Of Islamic Education 4, No. 2 (2022): 277–87. Saihu. “Operasionalisasi Teori Pendidikan Behavioristik Dalam Tradisi Ngejot Di Bali.” Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 3, No. 2 (2019): 143–62.
Saihu, Akhmad. “Manajemen Supervisi Akademik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah.” An-Nahdhah 12, No. 1 (2019): 83–112.
Saihu, Saihu. “The Urgency Of Total Quality Management In Academic Supervision To Improve The Competency Of Teachers.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9, No. 02 (2020): 297–323.
Sofyan, Agus. Melek Aksara. Jakarta: Pt. Albama Jurnal Qiro’ah, 2006.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2000.
Zainuri, Ahmad. Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan. Palembang: Cv. Amanah, 2018.
Haryati, N. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hermansyah & Muslim. (2019). Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 di Pendidikan Dasar. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 184-199.
Johnson, A. B., Smith, C. D., & Brown, E. F. (2020). The Impact of Curriculum on Character and Personality Development in Secondary Schools. Journal of Educational Research, 45(2), 123-136.
Kurniawan, J & Nurachadijat, K. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Keterampilan pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Journal on Education, 06(01), 406- 419.