IMPLEMENTASI MANAJEMAN KURIKULUM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD AL-QUR’AN ISLAMIYYAH BANDUNG

Authors

  •   Cecep Anwar  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,  Indonesia
  •   Dewi Septiani  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ,  Indonesia
  •   Fuad Ahmad Riva`i  Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor,  Indonesia
 

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Tahfidz Al-Qur'an, Pendidikan, SD Al-Qur'an Islamiyyah Bandung

Abstract

Pendidikan tahfidz Al-Qur'an, memiliki peranan signifikan dalam membentuk karakter dan akhlak siswa. Sekolah Dasar (SD) Al-Qur'an Islamiyyah Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk mengintegrasikan kurikulum tahfidz dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kurikulum tahfidz Al-Qur'an di SD Al-Qur'an Islamiyyah Bandung. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum tahfidz di sekolah ini dilakukan secara sistematis, melibatkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang interaktif, serta evaluasi yang berkala. Guru tahfidz berperan penting dalam memotivasi siswa, sedangkan keterlibatan orang tua meningkatkan dukungan belajar di rumah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kurikulum tahfidz dalam pendidikan umum di SD Al-Qur'an Islamiyyah Bandung berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa dalam menghafal Al-Qur'an. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan pelatihan guru dan keterlibatan orang tua dalam proses belajar.

References

Bradley, S. R. (2020). Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Khazanah Pendidikan .

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 20-37.

Glatthorn, A. A. (2016). Curriculum Leadership: Development and Implementation. SAGE Publications.

Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi.

Harlen Simanjuntak, e. a. (2022). Strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Qiara Media.

Husaini, d. H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 43-54.

Nova Yulianingsih, a. H. (2022). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research.

Rizkia Nurul Wafa, a. I. (2024). Pengaruh Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 244-250.

Sofiyatul Anshoriyah, e. a. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember. Jutekbidik: Jurnal Teknologi, Bisnis & Pendidikan, 128-137.

Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Anwar, C., Septiani, D., & Fuad Ahmad Riva`i. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMAN KURIKULUM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD AL-QUR’AN ISLAMIYYAH BANDUNG. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 578–587. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/ihtirom/article/view/135