STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  •   Muhamad Muchsin  Institut Agama Islam At-Taqwa Bondowoso,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v3i1.126
 

Keywords:

Kinerja Guru, Strategi Kepala Sekolah, Pelatihan Guru, Supervisi, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan beberapa strategi, antara lain pelatihan rutin tahunan, supervisi dan monitoring berkala, penghargaan atas kinerja guru, serta penerapan kedisiplinan yang ketat. Pelatihan tahunan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam model pembelajaran dan pembuatan modul. Supervisi dan monitoring memastikan bahwa guru mengajar sesuai standar, sedangkan penghargaan dan penciptaan lingkungan kerja yang kondusif mendorong motivasi dan inovasi guru. Penerapan disiplin yang tegas juga berkontribusi pada peningkatan kinerja guru secara signifikan. Kesimpulannya, kombinasi dari strategi-strategi ini efektif dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan di madrasah.

 

References

Alfiandrizal, Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14386–14397.

Amiruddin, A., Fachruddin, F., Lubis, Q., Ismiatun, S. R., Ansyari, R., & Azmar. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1458–1465. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2168

Ariyanti, Y. (2019). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(19).

Asiah, N., Arif Tiro, M., & Apriyanti, E. (2021). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKS YAPTA TAKALAR. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(4).

Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98–110. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.1938

Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989

Hidayat, H., Sukandar, A., & Setiawan, M. (2022). Supervision Management of Madrasah Heads to Improve The Professionalism of Islamic Education Teachers. The Journal of Educational Research, 2(2). http://journal.medpro.my.id/index.php/edukasi

Hidayat, T., Tanjung, H., & Juliandi, A. (2020). Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Pada SMK Muhammadiyah 3 Aek Kanopan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 189–117. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/189

Jaya, S. (2021). STRATEGI MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 10(2), 20–37.

Kurniawan, M. E., Wanto, D., & Murniyanto, &. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SDTQ Salsabilah Rejang Lebong. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 52–61. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare

Kusmiati, L. (2019). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 KAMPAR. Journal of Education and Teaching, 3(2), 195–208. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE

Malikkhah, Z., & Anam, N. (2020). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 242–260. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim

Nazib, F. M., Saifullah, I., Nasrullah, Y. M., & Hanifah, F. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2764–2773. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.505

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294

Setiawan, U., Hermawan, A., & Gaffar, M. A. (2022). Principal Leadership In Improving Teacher Performance In Schools. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(6). https://ijersc.org/

Sundari, D. U., Taufiqurrahman, T., Musfah, J., & Ratnaningsih, S. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SDN 2 BADUR KECAMATAN CIRINTEN KABUPATEN LEBAK. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 163–169. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i2.2607

Syaparuddin, Meldianus, & Elihami. (2020). STRATEGI PEMEBALAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAN PKN PESERTA DIDIK. MAHAGURU : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Wahyudi, A. (2021). STRATEGIKEPALASEKOLAHDALAMMENINGKATKANKINERJAGURU. LintangSongo:JurnalPendidikan, 4(1), 1–21.

Wikasiwi, S., Wijaya, P. Y., & Trarintya, M. A. P. (2023). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Servant Leadership, Disiplin Kerja, dan Budaya Organisasi. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(6), 1207–1218.

Winiharti, K., Simbolon, B. R., & Sinaga, D. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Santo Bellarminus Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Muchsin, M. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 399–410. https://doi.org/10.70412/itr.v3i1.126