IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 TLOGOSARI
Keywords:
Implementasi, Manajemen PerpustakaanAbstract
Manajemen perpustakaan bukan hanya diterapkan pada perpustakaan - perpustakaan besar tetapi juga diterapkan pada perpustakaan - perpustakaan sekolah di mana perpustakaan sangat berperan penting sebagai sumber informasi dan mencari refrensi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen perpustakaan di SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi serta pengembangan koleksi perpustakaan. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu peneliti melakukan triangulasi data. Hasil Penelitian, implementasi manajemen perpustakaan di SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso, yaitu: Pertama, Perencanaan perpustakaan di SMK Negeri 1 Tlogosari ialah membuat program kerja, perencanaan pengadaan sarana prasarana dan pengadaan koleksi perpustakaan. Kedua, Pengorganisasian. Organisasi perpustakaan SMK Negeri 1 Tlogosari terdiri dari kepala sekolah, kepala pepustakaan, layanan teknis, layanan pemustaka, dan layanan TIK. Pada perpustakaan SMK Negeri 1 Tlogosari ini pembagian tugasnya bukan fokus pada salah satu bidang, akan tetapi satu orang bisa memegang dua bidang seperti bagian teknis. Ketiga, Pelaksanaan perpustakaan di SMK Negeri 1 Tlogosari ialah melaksanakan program yang telah direncanakan di awal yaitu melaksanakan pelayanan yang prima. Keempat, Evaluasi perpustakaan di SMK Negeri 1 Tlogosari ialah dilakukan oleh kepala sekolah dan kepala perpustakaan untuk memastikan kinerja pegawai perpustakaan berjalan baik. Kelima, Pengembangan Koleksi Perpustakaan di SMK Negeri 1 Tlogosari meliputi kebijakan pengembangan koleksi, pemilihan bahan pustaka, dan cara pengadaan bahan pustaka.
References
Darmadi, H. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Hapsoro, D. T. (n.d.). Penerapan fungsi manajemen perpustakaan
Hendraman, & Putra, N. 2013. Metodologi Riset Campur Sari. Indeks
HS, L., Winata, A. P., Kurniawan, E., & Mudawamah, N. S. (2017). Manajemen dan Standarisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (Edisi Pertama). majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.
Nazir, M. 1985. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.
Rahman, T. M. A. (2019). Manajemen Perpustakaan Berbasis Sistem Otomasi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3 (2).
Rhoni Rodin, dkk. (2012). Manajemen Perpustakaan di SMK Negeri 2 Kabupaten Musi Rawas. Juranl Tibanndaru, 6 (1).
Rokan, M. R. (2017). Manajemen Perpustakaan Sekolah. IQRA’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 11 (1).
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra’, 11(1).
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta.
Sukidin, B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Perspektif Mikro. Insane Cendikia.
Tanzeh, A. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Teras.
Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan penelitian Gabungan. Kencana.