MANAJEMEN HUMAS BERBASIS CYBER DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU

Authors

  •   Sucik Indrawati  Institut Agama Islam At-Taqwa Bondowoso,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/itr.v3i2.122
 

Keywords:

Branding Sekolah, Humas Online, Cyber Public Relations, Strategi Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi strategi humas online dan offline dalam membangun branding sekolah, serta dampaknya terhadap peningkatan jumlah pendaftaran siswa baru. Penelitian dilakukan di TK At-Taqwa Bondowoso dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi langsung dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi cyber public relations (PR) melalui pemanfaatan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan YouTube, berhasil meningkatkan visibilitas dan citra sekolah di mata publik. Upaya ini didukung oleh kegiatan humas offline seperti pertemuan komite sekolah, Parenting Class, serta program keagamaan yang memperkuat keterlibatan personal antara sekolah dan wali murid. Kombinasi humas online dan offline secara konsisten berkontribusi pada peningkatan jumlah siswa baru setiap tahunnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kedua strategi tersebut sangat efektif dalam menjaga kepercayaan publik, membangun citra positif, serta mendukung pertumbuhan pendaftaran siswa baru di TK At-Taqwa Bondowoso.

References

Aini, A. N., Izzah, I., & Ma’arif, M. A. (2024). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Peran Masyarakat Terhadap MA Model Zainul Hasan Genggong. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 1304-1312.

Anisa, Z., & Saparudin, S. (2022). Branding Sekolah Islam Modern: Sekolah Islam Terpadu, Madrasah/Sekolah Alam, dan Tahfiz Al-Qur’an. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 49-64.

Ayub, H. (2024). STRATEGI BRANDING SMP BERBASIS PESANTREN AMANATUL UMMAH DALAM MEMBANGUN CITRA PROGRAM UNGGULAN (Doctoral dissertation, Universitas kh Abdul chalim Mojokerto).

Azizah, I. S., Mukhlisah, A. M., & Sholihah, N. M. (2022). Strategi Kepala Madrasah melalui Branding Sekolah dengan Program Riset di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 91-99.

Damayanti, I. F. (2024). Strategi Sekolah dalam Membangun Kepercayaan Publik Melalui School Branding di SMK TI Labbaika Samarinda.

Dewi, Y. A. L., Wulandari, Y. F., & Himawan, S. (2024). Strategi Tim Kreatif Nusantara TV Dalam Meningkatkan Eksistensi Program Kok Bisa Viral. Brand Communication, 3(3), 273-286.

Habibah, A., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Siswa Baru Di Sma Swasta. Academy of Education Journal, 14(1), 107-123.

Hidayat, B., et al. (2018). Membangun kerjasama tim.

Hidayat, V., & Mahendra, A. I. (2022). Efektivitas Penggunaan Grup Chat Whatsapp dalam Penyampaian Komunikasi Organisasi. JOMIK: Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(01), 50-53.

Khasanah, K. (2021). Efektifitas media whatsapp group dalam pembelajaran daring. Akademika, 10(01), 47-75.

Lasmi, A., Bayhaqi, H., & Suhairi, S. (2022). Membangun Kerjasama Tim yang Efekti dalam Organisasi. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 35-45.

Martono, C. L. (2024). Efektifitas whatsapp group dalam kegiatan perkuliahan (Doctoral dissertation, Widya Mandala Surabaya Catholic University).

Priandono, F. (2019). Manajemen humas pendidikan dalam upaya pencitraan sekolah di sekolah menengah kejuruan. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 391-410.

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 1-9.

Saputra, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Group. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 11-21.

Satria, A. (2024). Optimalisasi Media Sosial Instagramsebagai Digital Public Relations. Ragam Praktik Public Relations Dan Riset Virtual, 179.

Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 50-60.

Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3(2), 72-84.

Sumarlan, I. (2022). Cyber Public Relations Muhammadiyah Melalui Media Sosial. Dakwah Muhammadiyah dalam Masyarakat Digital: Peluang dan Tantangan, 157.

Wahyuni, P. A., & Ernungtyas, N. F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Public Relations di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 10-16.

Wahyunto, M., Hidayati, D., & Sukirman, S. (2024). Strategi branding Sekolah di era digital dalam meningkatkan animo masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing. Academy of Education Journal, 15(2), 1260-1271.

Yanto, A., Wanto, D., & Murniyanto, M. (2023). Marketing Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Madrasah diMA Darussalam Kepahiang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 122-133.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Indrawati, S. (2024). MANAJEMEN HUMAS BERBASIS CYBER DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 431–447. https://doi.org/10.70412/itr.v3i2.122