EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH BULLYING

DOI:
https://doi.org/10.70412/itr.v3i1.121Keywords:
Pendidikan Karakter, Bullying, Madrasah Dasar, Kolaborasi, Budaya ReligiusAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan karakter dalam mencegah bullying di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari siswa, guru, kepala madrasah, dan orang tua yang terlibat dalam program pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter yang diterapkan, seperti lingkungan madrasah yang nyaman melalui konsep "peaceful school", penerapan budaya religius, integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, dan sosialisasi dampak bullying, terbukti efektif dalam mengurangi perilaku bullying. Kolaborasi antara guru dan orang tua juga memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Kesimpulan penelitian ini menyarankan bahwa penerapan pendidikan karakter secara komprehensif dapat menciptakan lingkungan madrasah yang aman dan mendukung, serta membentuk siswa dengan karakter yang lebih baik.
References
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di madrasah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
Anggraini, F. S. N., Haq, A., & Mustafida, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5s (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 147-153.
Chotimah, C., Bustanur, B., & Nahwiyah, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Terjadinya Bullying Antar Siswa Melalui Program Peaceful School Di Smpn 6 Singingi Hilir. Jom Ftk Uniks (Jurnal Online Mahasiswa Ftk Uniks), 1(2), 180-189.
Dewi, R. N., & Maknun, L. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia SD Untuk Mencegah Perilaku Bullying. Jurnal Ilmiah PGMI STAI Al-Amin Gersik, 2(1), 1–21.
Efianingrum, A. (2018). MEMBACA REALITAS BULLYING DI MADRASAH : TINJAUAN MULTIPERSPEKTIF SOSIOLOGI. Jurnal Dimensia , 7(2). https://nasional.tempo.co
Elisabeth, E., & Hasibuan, R. (2024). Pentingnya Kolaborasi Wali Murid dan Guru Dalam Penentuan Keberhasilan Pembentukan Karakter Siswa Yang Mandiri dan Berdaya Juang Tinggi. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 238-243.
Faiz, A. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education and development, 10(2), 315-318.
Ihsan, B., Syafi'aturrosyidah, M., & Qibtiyah, M. (2019). Peran pembelajaran budaya lokal dalam pembentukan karakter siswa madrasah ibtidaiyah (MI). MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1-8.
Indramaya, I. (2023). SOSIALISASI BULLYING DAN CARA MENGATASI BULLYING DI MADRASAH. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 115–118. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.115-118
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa madrasah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.
Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Dasar. Journal on Education, 5(1), 908-917.
Jumarnis, S. A., Anugerah, J. C., & Sinaga, Y. J. (2023). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Madrasah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103–1117. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398
Jumarnis, S. A., Anugerah, J. C., & Sinaga, Y. J. (2023). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Madrasah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103-1117.
Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 116–122. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.414
Khofi, M. B. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Tahfidz di MA ATQIA Bondowoso. QUALITY JOURNAL OF EMPIRICAL RESEARCH IN ISLAMIC EDUCATION, 12(01), 151–168. https://doi.org/10.21043/quality.v12i1.23353
Lesmana, F. (2024). Peran Komunikasi Orang Tua-Guru dalam Mendukung Perkembangan Siswa. Edukatif, 2(2), 185-192.
Mawardah, M., & Hutami, P. (2024). Sosialisasi dampak bullying di SMKN 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 196-203.
Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2015). HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN BULLYING DI MADRASAH PADA SISWA SMP. Jurnal Indigenous, 13(1), 29–38.
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Madrasah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104-108.
Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). BULLYING DI MADRASAH : KURANGNYA EMPATI PELAKU Bullying DAN PENCEGAHAN. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.
Rahmawati, F., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2020). Budaya Religius: Implikasinya dalam meningkatkan karakter keagamaan siswa di Min kota Malang. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 22-35.
Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020). PENCEGAHAN BULLYING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0”., 633–641.
Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi orang tua dan guru melalui kubungortu dalam pembentukan karakter siswa SD. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1).
Rujiani. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMINIMALISIR BULLYING VERBAL PADA GENERASI MILENIAL. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 1(1), 33–42.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. In Prosiding seminar bimbingan dan konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 115-124).
Sakila, N., Nur, K., Hazalia, M., Salsabila, D., Pratiwi, D., Lingga, L. J., & Dasmarni. (2024). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERMASALAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN MADRASAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3).
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.
Sasmi, W. T., Yulianti, H. T., & Nurapriani, F. (2023). EDUKASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA SDN KARANGSINOM. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3 , 1381–1389.
Sugma, A. R., & Azhar, P. C. (2020). Sosialisasi Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik Mas Al Maksum Stabat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33-40.
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan pendidikan karakter berbasis religius. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 1, No. 1, pp. 254-262).
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di madrasah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888
Wulandari, D. R. (2022). PENANGANAN BULLYING MELALUI PENGUATAN KARAKTER PADA ANAK USIA MADRASAH DASAR. JURNAL PARADIGMA, 14(01).
Yandri, H. (2014). PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI MADRASAH. Jurnal Pelangi, 7(1). https://doi.org/10.22202/jp.2014.v7i1.155
Yudha, R. K., Lubis, E., Hainun, R., & Syarkati, S. (2022). Sosialisasi tentang Dampak Bullying pada Remaja. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 251-256.
Yuyarti. (2018). MENGATASI BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–58.