EFEKTIVITAS PEMBIASAAN INFAQ DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA

Authors

  •   Mohammad Bilutfikal Khofi  Institut Agama Islam At-Taqwa Bondowoso,  Indonesia
 

Keywords:

Infaq, Kepedulian Sosial, Pendidikan Karakter, Siswa, Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembiasaan infaq dalam menumbuhkan kepedulian sosial di kalangan siswa Madrasah Aliyah ATQIA Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa, guru, dan pengurus OSIM yang terlibat dalam program infaq rutin setiap Jumat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program infaq ini efektif dalam membentuk sikap empati, karakter religius, dan rasa tanggung jawab sosial siswa. Siswa menjadi lebih peduli terhadap kebutuhan orang lain dan terlibat aktif dalam kegiatan sosial baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pengelolaan dana infaq yang transparan oleh OSIM juga memberikan pembelajaran tentang tanggung jawab kepada siswa. Meskipun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan uang saku dan kurangnya partisipasi akibat pengaruh lingkungan teman. Kesimpulannya, pembiasaan infaq di Madrasah Aliyah ATQIA berhasil menumbuhkan kepedulian sosial pada siswa, dengan dukungan kuat dari guru dan lingkungan sekolah yang religius matematis.

 

References

Albab, M. U., & Rohmah, S. (2023). Efektivitas Program Jum’at Berkah dalam Penumbuhan Sikap Empati Peserta Didik Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 1 Trate Gresik. BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(2), 206–215. https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/bhinneka/index

Almira, Y., Ananda, A., Isnarmi, & Dewi, S. F. (2022). Upaya Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di SMAN 1 Ranah Batahan. JECCO : Journal of Education, Cultural and Politics , 2(2), 98–104.

Apriyani, N. M., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). TINGKAT KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 110–117. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1231

Budiyanto, A., Salsabila, S., Muthi’in, A., Cendrawasih, J., & Masjid, K. (2016). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(2), 16–20.

Alghifari, M. D., Meidi, S. N. H., Aeni, A. N., & Nasution, Z. K. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI BIS (BELAJAR INFAQ DAN SEDEKAH) BERBASIS THUNKABLE UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN MENUNAIKAN SEDEKAH DAN INFAQ PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 2023. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2508

Gautama, M. T., & Sari, A. F. (2024). Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA N Colomadu. JURNAL GLOBAL CITIZEN, XIII(1), 30–46. http://ejurnal.unisri.ac.id/indeks.php/glbctz/article/view/.

Hayati, N., Retna Yunita, A., & Zainul Hasan Genggong, U. (2018). NILAI-NILAI BAROKAH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di PESANTREN ZAINUL HASAN 2 TAMBELANG-KRUCIL-PROBOLINGGO. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 27–36. http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/issue/view/696http://u.lipi.go.id/1548306171http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Ipmawati, N., & Widiastuti, T. (2020). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA ZIS PADA BIDANG PENDIDIKAN DI LAZISMU KOTA SURABAYA. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(2), 281. https://doi.org/10.20473/vol7iss20202pp281-293

Irawan, A. (2019). Sikap sosial siswa dalam kegiatan infaq. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(2), 225–235. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4724

Irawan, Prihadi, D., Susilawati, A. D., Reformasi, E., Kadori, I., Nugroho, C., & Hananto, A. L. (2024). Peningkatan Literasi Digital Pengelolaan Data Infaq Pembayaran Siswa TPA Masjid AT-TAQWA Improving Digital Literacy in Managing Student Payment Data for AT-TAQWA Mosque TPA. Abdimas Galuh, 6(2), 2381–2389.

Lubis, R. H., & Latifah, F. N. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf di Indonesia. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.21070/perisai.v3i1.1999

Miles, M. B., Saldaña, J., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (3rd ed., Vol. 3). SAGE Publications.

Munawar, Z. (2018). FILANTROPI ISLAM RUMAH SABILILLAH DAN PENANAMAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA DI SDIT AN NAJAH JATINOM KLATEN. Elementary, 4(1), 1–20.

Nurhayati, & Harianto, A. (2022). MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA MELALUI PEMBIASAAN BERINFAK. JURNAL PENDAIS, 4(1), 107–119.

Putro, H. C. (2023). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di TK Muslimat NU Kecamatan Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 12–21. https://ejournal.alfattah.ac.id/index.php/JS

Susanti, A., Rahmatika, Z., Istiana, A., Abdul, D., & Arafah, L. A. (2024). PENANAMAN NILAI RELIGIUS MELALUI PROGRAM INFAQ. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25–35.

Susanto, H., Setiaji, A., & Sulastri, N. (2022). Strategi Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa. Jurnal Edumaspu, 6(1).

Utami, M. P. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dalam Pergaulan terhadap Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(1), 71–82. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6298

Wahyudrajat, R. S., & Junaidi. (2020). Infaq Pembangunan Masjid Jami’ Nurul Ikhlas. ADIMIAS : ADI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 51–59.

Windasari, I. (2024). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan dalam Perspektif Islam. In Edisi (Vol. 1).

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Khofi, M. B. (2025). EFEKTIVITAS PEMBIASAAN INFAQ DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 533–566. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/ihtirom/article/view/114