STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MADRASAH ALIYAH (MA) HIDAYATULLAH PAKISAN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  •   Imro'atus Sholihah  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso,  Indonesia
  •   Kismatul Afroh  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso,  Indonesia
 

Keywords:

Strategi, Public Relation, Membangun Brand Image

Abstract

Jurnal ini menjelaskan tentang strategi public relations dalam membangun barnd image di madrasahbertujuan untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitan ini adalah (1). Mendeskripsikan Strategi Public Relations Dalam Membangun Brand Image di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah Pakisan Bondowoso Tahun Ajaran 2023/2024. (2). Mendeskripsikan Peran Public Relations Dalam Membangun Brand Image di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah Pakisan Bondowoso Tahun Ajaran 2023/2024. (3). Mendeskripsikan Publikator Public Relations Dalam Membangun Brand Image di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah Pakisan Bondowoso Tahun Ajaran 2023/2024.Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif untuk objek Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah Pakisan Bondowoso. Untuk mengumpulkan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1).Strategi public relations di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah menggunakan strategi enterpreuneur day seperti pembuatan ecoprint, pembuatan kripik tape dan pembuatan mie ayam yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat serta dapat membangun membangun brand image madrasah yang baik di mata masyarakat. (2).Peran public relations di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah sudah menjalankan tugasnya sebagai penghubung, pengomunikasi, dan publikasi untuk membina hubungan yang baik dengan kepala madrasah, guru, siswa dan masyarakat. (3).Publikator public relations di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah dapat menyampaikan informasi madrasah secara relevan melalui media cetak (banner, koran, bulletin, majalah, jurnal) maupun online (Website Sekolah, Facebook, Instagram, Whatsapp Group, Youtube dan Tiktok).

References

Ade Sitorus, Sunday. 2020. Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.

Akbar, M. Fikri. 2021. Public Relation. Yogyakarta: Ikatan Guru Indonesia.

Armayanti, Nelly. 2021. Public Relation. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.

Baskara, Tri , Menati Fajar Rizki 2019. Proses Publikasi Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan Pada Akun Media Sosial Instagram. Journal of Strategic Communication. Vol. 10, No. 1.

Heridianto. 2022. Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso. Jurnal Ihtirom Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 2, No.1.

Ilyas, Imran. 2023. Manajemen Strategi. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Indonesia.

Juhji dkk. 2020. Manajemen humas pada lembaga pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kementrian Agama Republik Indonesia. 2019. Al-Qur’an terjemah Perkata. Jakarta.

Kosim, Nanang. 2022. Strategi Pengembangan Madrasah Tsanawiyah Di MTs Nurul Huda Krucil Probolinggo. Jurnal Ihtirom Manajemen Pendidikan Islam. Vo1. 2, No.2.

Mas’ad, Zamilul. 2022. Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. Jurnal Ihtirom Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 2, No.2.

Melia, Tita, dkk. 2021. Public Relations Komunikasi Strategis, Digital Dan Bertanggung Jawab Sosial. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Mujib, Fathul. 2020. School Branding Strategi di Era Disruptif. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Mukarom, Zaenal. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Muslimin, Ikhwanul. 2022. Optimalisasi Mutu Pendidikan Islam Melalui Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Bingkai Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Yang Inklusif. Jurnal Ihtirom Manajemen Pendidikan Islam. Vol 2, No.2.

Nawa, Fatiha Khoiru. 2023. Strategi Humas Dalam Membangun Citra Baik Madrasah Aliyah : Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Matholi'ul Huda Pucakwangi. Jurnal Public Relations. Vol 02, No 01.

Nurani, Nani. 2024. Public Relations Dan Kehumasan(Penerapan Di Lembaga Publik Kesehatan Dan Industri). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putrianingsih, Sri. 2024. Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing di MIN 3 Tulungagung. Journal Of Pojok Guru. Vol 2, No, 1.

Umran, Muh. 2023. Strategi Manajemen Humas Dalam Konsep Teoritis. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Wahid, Abdul, 2023. Strategi Membangun Citra dan Kinerja Lembaga. Jawa Tengah: Fatiha Media.

Wiranata, Rio Agustian. 2022. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Sebagai Values Of Law Atas Pelayanan Publik Terhadap Penyandang Disabilitas. Jurnal Komunikasi Hukum. Vol 8, No 1.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Sholihah, I., & Afroh, K. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MADRASAH ALIYAH (MA) HIDAYATULLAH PAKISAN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2023/2024. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 303–312. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/ihtirom/article/view/112