KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH ISLAMIC MARKATING MIX 7P TERHADAP LOYALITAS NASABAH KSPPS. BMT NU JAWA TIMUR CABANG BONDOWOSO
DOI:
https://doi.org/10.70412/its.v3i1.72Keywords:
Kepuasan Nasabah, Islamic Marketing Mix 7P, Loyalitas NasabahAbstract
Pada saat ini, suatu perusahaan dituntut untuk melakukan manajemen pemasaran yang terarah guna menguasai pangsa pasar. Oleh karenanya, perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran guna memberikan rangsangan kepada konsumen untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat pengaruh antara Pragmatism, Pertinence, Palliation, Peer-Support, Pedagogy, Persistence dan Patience terhadap Loyalitas Nasabah (Y) dengan Kepuasan Pelanggan (Z) sebagai variabel Intervening. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling berupa accidental sampling sejumlah 220 nasabah KSPPS BMT NU JATIM Cabang Bondowoso. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala likert. Kuisioner diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa Pragmatism, Pertinence, Palliation, Peer-Support, Pedagogy, Persistence dan Patience terhadap Kepuasan Nasabah. Serta Pragmatism, Pertinence, Palliation, Peer-Support, Pedagogy, Persistence dan Patience terhadap Loyalitas Nasabah. Dan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.