PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI INDONESIA

DOI:
https://doi.org/10.70412/its.v2i1.40Keywords:
UMKM, Tantangan , Halal, IndonesiaAbstract
Artikel ini mencoba menjelaskan Peluang dan Tantangan Pengembangan UMKM di industri UMKM halal di Indonesia, mengingat jumlah konsumen Muslim yang potensial. Pentingnya pengetahuan tentang perilaku konsumen muslim Indonesia perlu agar UMKM halal Indonesia bisa memaksimalkan pasar domestik dan sekaligus ekspor. Potensi konsumen muslim tidak hanya di Indonesia, negara-negara Teluk dan negara Asia Tenggara lainnya dapat menjadi tujuan ekspor produk industri halal Indonesia. Adapun metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Library Research (Studi Kepustakaan). Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang menjadi Peluang dan Tantangan Pengembangan UMK di industri UMKM halal di Indonesia mulai dari Aspek Demografi, Market, Ekonomi Digital, Pendanaan, dan juga Sertifikat Halal bagi UMKM di Indonesia.