PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI INDONESIA

Authors

  •   Zainorrahman  Institut Kariman Wirayudha,  Indonesia
  •   Robby Reza Zulfikri  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70412/its.v2i1.40
 

Keywords:

UMKM, Tantangan , Halal, Indonesia

Abstract

Artikel ini mencoba menjelaskan Peluang dan Tantangan Pengembangan UMKM di industri UMKM halal di Indonesia, mengingat jumlah konsumen Muslim yang potensial. Pentingnya pengetahuan tentang perilaku konsumen muslim Indonesia perlu agar UMKM halal Indonesia bisa memaksimalkan pasar domestik dan sekaligus ekspor. Potensi konsumen muslim tidak hanya di Indonesia, negara-negara Teluk dan negara Asia Tenggara lainnya dapat menjadi tujuan ekspor produk industri halal Indonesia. Adapun metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Library Research (Studi Kepustakaan). Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang menjadi Peluang dan Tantangan Pengembangan UMK di industri UMKM halal di Indonesia mulai dari Aspek Demografi, Market, Ekonomi Digital, Pendanaan, dan juga Sertifikat Halal bagi UMKM di Indonesia.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Zainorrahman, & Reza Zulfikri, R. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI INDONESIA. I’THISOM : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 208–219. https://doi.org/10.70412/its.v2i1.40