MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBACAAN AL-QUR’AN DAN MENANAMKAN NILAI RELIGIOUS MELALUI PROGRAM PESANTREN RAMADHAN DI DESA BOTOLINGGO KABUPATEN BONDOWOSO
Keywords:
Keterampilan Pembacaan Al-Qur’an, Nilai-nilai ReligiusAbstract
Pembelajaran agama Islam dikelas dirasa kurang cukup untuk memperluas pengetahuan peserta didik. Hal ini disebabkan berbagai faktor, seperti materi yang terbatas pada ketentuan kurikulum yang telah dibuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pesantren Ramadhan dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam yang belum didapatkan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang penelitian ini dilakukan di SD Botolinggo kabuoaten Bondowoso. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunnakan tiga cara, observasi untuk memantau jalannya program pesantren Ramadhan. Dokumentasi yang dikumpulkan berupa foto Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model dari Miles dan Huberman, dengan mengumpulkan semua data, membuat catatan lapangan, dan menarik kesimpulan. Maka hasil yang didapat pada penelitian ini adalah (1) program pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di SD Botolinggo Kabupaten Bondowoso mulai tanggal 25 maret -01 april 2024. (2)Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemberian materi penulisan dan pembacaan Al-Qur’an yang baik dan benar dan seminar tentang keagamaan, diskusi, dan ditutup shalah Dhuhur berjamaah.
References
Ahmad Sugri. 2019. Praktik sistem hilafah dalam lintas sejarah islam. UIN Sultan Hasanuddin Banten.
Kezia Rikawati. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2). Meliyana Febriyanti. 2022. Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus
Al-qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal, 5(1), 15.
Niken Ari Pertiwi. 2019. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 12(2), 16.
Rudi Santoso. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembuktian Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11).
Syamsurijal. 2023. Elevansi Penggunaan Metode Ceramah pada Pembelajaran di Sekolah Dasar di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4). Taufiqurrochman. 2016. Ramadan Ceria. Alfafita press.
Yovita Diva Hapsari. 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Praktek dan Ceramah pada Pembelajaran Seni Kelas III SD 6 BulungKulon. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2).