PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI TPQ RAUDLATUL ULUM PATEMOAN TLOGOSARI BONDOWOSO
Keywords:
Pendampingan, Baca Tulis Qur`an, PatemonAbstract
Kurangnya pelibatan masyarakat pada lembaga pendidikan nonformal berbasis agama mengakibatkan terjadinya ketimpangan antara guru dan peserta didik, khususnya di Taman Pendidikan Al-Quran di Desa Patemon. Jumlah siswa dan guru tidak merata. Hal ini mengakibatkan banyak anak kurang mendapat perhatian saat membaca dan menulis surat-surat Al-Quran. Selain itu, terbatasnya pengetahuan masyarakat terhadap metode pembelajaran Al-Quran dapat mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca Al-Quran pada anak. Permasalahan tersebut menjadi tantangan bagi penulis untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di lingkungan Desa Patemon. Dari hasil observasi, anak-anak di Desa Patemon belum menguasai kemampuan mengenal dan melafalkan huruf dengan baik dan benar. Oleh karena itu, penulis membantu dalam membaca dan menulis Al-Quran melalui metode Iqra untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis anak-anak di TPQ Raudlatul Ulum Patemon. Metode Iqra merupakan metode belajar Al-Quran dengan menggunakan panduan buku Iqra, menekankan latihan membaca dimulai dari dasar.
References
Ahmad, dkk.2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqro untuk Anak Usia 3-10 Tahun. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter. Vol 4 (1), 114.
Fitroh, Siti Fadjryana, dkk. 2018. Penggunaan Metode Iqro untuk Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia. Vol 1 (1), 22.
Maharani, Sri dan Izzati. 2020. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 4 (2), 1290.
Sajirun, Muhammad. 2012. Membentuk karakter Islami Anak Usia Dini. Surakarta. Era Adicitra Media
Sauri, Saupian, dkk.2021. Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al- Qur’an di TPQ dusun Lelonggek desa Suntalungu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1 (1), 54.
Sobirin, Muhammad. 2018. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Jurnal Quality. Vol 6 (1), 20.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Srijatun. 2017. Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 11 (1), 39.
Ulfah, Tsaqifa Taqiya, dkk. 2019. Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 2 (2), 65-66.