PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH MELALUI PELATIHAN APLIKASI KAHOOT

Authors

  •   Nadifah  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
  •   Durroh Asyiqoh  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
  •   Nurul Fajriyah  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
  •   Rawasiyah  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
  •   Jazilurrahman  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
 

Keywords:

Kompetensi Guru, Pembelajaran Fiqih, Aplikasi Kahoot

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kompetensi guru PAI melalui pelatihan penggunaan aplikasi Kahoot! dalam pembelajaran fikih di SMP Nurul Jadid.. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kemitraan (community based participatory research). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu, (a) survei lokasi, startegi dan sosialisasi; (b) pelaksanaan, dan (c) pemonitoran/evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan Kegiatan PkM  tentang Peningkatan Kompetensi Guru PAI dalam Pembelajaran Fikih melalui Pelatihan Aplikasi Kahoot" di SMP. Nurul Jadid Paiton berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Guru menjadi lebih kreatif dalam menyusun evaluasi berbasis kuis digital, sehingga pembelajaran Fikih di kelas menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik era digital.

References

Afifah, Rinda Dewi, Wiwin Luqna Hunaida, and Abd Muqit. 2025. “Model Problem Based Learning Berbasis Media Sosial : Inovasi Pembelajaran Untuk Penanaman Nilai-Nilai Islami” 2.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bambang Triyono, and Elis Mediawati. 2023. “Transformasi Nilai-Nilai Islam Melalui Pendidikan Pesantren : Implementasi Dalam Pembentukan Karakter Santri.” Journal of International Multidisciplinary Research 1 (1): 147–58. https://doi.org/10.62504/jimr403.

Digital, Media Pembelajaran, and Meningkatkan Kompetensi. 2025. “Integrasi Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI” 3 (1): 266–71.

Efficacy, Self, and Teknologi Pembelajaran. 2025. “Transformasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Literasi Digital, Self-Efficacy, Dan Persepsi Teknologi Sebagai Kunci Utama” 03:1–7.

Fitriyah, N., & Sugihartono, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 155-165.

Hal, Rizwani Pardede, Khidmat Jurnal, Ilmu Sosial, Pendidikan Karakter, and Rizwani Pardede. 2025. “Studi Kompetensi Guru PAI Dalam Mengintegrasikan” 3 (1): 97–102.

Harahap, Andre Yacub. 2025. “Penerapan Media Digital Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di Era Revolusi Industri 5 . 0” 3 (1): 180–85.

Haryanti, Yuyun Dwi, Ari Yanto, Devi Afriyuni Yonanda, and Imel Amelia Putri. 2025. “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru Sekolah Dasar Di Desa Greged Cirebon” 2 (1): 1–9. https://doi.org/10.25047/sejagat.v2i1.5867.

Iskandar, I., D. Sastradika, Jumadi, Pujianto, and Denny Defrianti. 2020. “Development of Creative Thinking Skills through STEM-Based Instruction in Senior High School Student.” In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1567. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042043.

Jurnal, Semantik, Riset Ilmu, Bahasa Budaya, Septya Azhari, Putri Wardana, and Zamzam Mustofa. 2025. “Penggunaan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Dan BP Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan Ponorogo Institut Agama Islam Negeri Ponorogo , Indonesia Dalam Belajar Serta Juga Memperkuat Hasil Pembelajaran .( Santik” 3 (1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2021. “Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Program Pengembangan Profesional Berkelanjutan,” 1–8.

Kementerian Agama RI. (2019). KMA No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Lazwardi, Dedi. 2025. “Integrasi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai 1 2” 04 (03): 1–4.

Lutviana, Ani, Hanif Amrulloh, and Nur Laili. 2025. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V MI NU Metro” 8 (1): 285–93.

Nur, A V, T Purwanto, S A Ramadhani, and ... 2024. “Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Umkm Di Desa Blimbing Wuluh.” Studi Kasus Inovasi … 08 (01): 9–16.

Pratama, R. Y. (2020). Penggunaan Media Interaktif Kahoot dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 42-49.

Permendikbud RI No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putri, Adria Nelisa, Oktarina Yusra, Fajriyani Arsya, Universitas Islam, Negeri Sjech, and M Djamil Djambeki. 2025. “Pengaruh Penggunaan Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 1 Padang Pariaman” 2.

Roisyah, Hannina. 2025. “Penguatan Komunitas New Santriwati Pada Aspek Pembiasaan Spritualistik” 1 (1): 22–31.

Sejdini, Zekirija. 2022. Rethinking Islam in Europe: Contemporary Approaches in Islamic Religious Education and Theology. Rethinking Islam in Europe: Contemporary Approaches in Islamic Religious Education and Theology. https://doi.org/10.1515/9783110752410.

Sulistyohati, Aprilia, Rezkiyana Hikmah, Opitasari Opitasari, and Ermita Ermita. 2024. “Peningkatan Interaktifitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Efektif Penggunaan Kahoot.” Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) 7 (3): 422. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.23057.

Wahyuni, Sri. 2025. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Game Dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI” 3 (1): 97–103.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nadifah, Durroh Asyiqoh, Nurul Fajriyah, Rawasiyah, & Jazilurrahman. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH MELALUI PELATIHAN APLIKASI KAHOOT . AL-KHIDMAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1 Juni), 323–337. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/alkhidmat/article/view/215