OPTIMALISASI PENGGUNAAN FINGERPRINT READER DALAM SISTEM MANAJEMEN ABSENSI

Authors

  •   Badrul Mudarris  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
  •   Nurur Rifqoh Maulidah  Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  Indonesia
 

Keywords:

Optimalisasi, Fingerprint Reader, Sistem Manajemen Absensi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Optimalisasi Penggunaan Fingerprint Reader dalam Sistem Manajemen Absensi bagi Guru di TK Insan Terpadu. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kemitraan (community based participatory research). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu, (a) survei lokasi, startegi dan sosialisasi; (b) pelaksanaan, dan (c) pemonitoran/evaluasi. Hasil temuan dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berhasil menjawab kebutuhan nyata dari mitra, yaitu TK Insan Terpadu, dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem manajemen absensi guru. Permasalahan yang sebelumnya dihadapi, seperti sistem absensi manual yang tidak akurat, rawan manipulasi, dan memakan waktu, telah diatasi melalui penerapan teknologi fingerprint reader yang lebih modern, akuntabel, dan mudah digunakan.

References

Hasibuan, R., Purba, I. S. B., & Nasution, S. R. (2024). Pengimplementasian Perkantoran Modern di Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Tembung. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 214-226.

Haq, M. S. (2022). Implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan sekolah di masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1221-1235.

Madhani, L., Zai, P. N., Utami, M. A., & Hanoselina, Y. (2024). Efektivitas Implementasi Sistem Elektronik (e-Kinerja) Dalam Menilai Kinerja ASN di Kota Padang. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 2(1), 121-130.

Madzkuri, M. R., Bahrani, B., & Nisa, R. A. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU DI SMPN 39 SAMARINDA: TANTANGAN DAN PELUANG. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 205-214.

Sahira, S., Elinda, T., Zahra, S. F., Fransisca, V. D., Rahmasari, W., & Muzzaky, M. I. (2025). Teknologi Digital untuk Transformasi Kepengawasan Sekolah melalui E-Presensi dan Virtual Account. Proceedings Series of Educational Studies.

Sugiara, L. R., Arju, S., & Rejeki, A. M. (2025). TRANSFORMASI SISTEM ADMINISTRASI PESANTREN MELALUI DIGITALISASI: MENUJU MANAJEMEN PENDIDIKAN YANG EFISIEN. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 3(1), 926-944.

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantanga Chasanah, C. (2023). Implementasi Proyek REP-MEQR Komponen 1 Tentang Penerapan e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) untuk madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulu Kabupaten Rembang (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mudarris, B., & Nurur Rifqoh Maulidah. (2025). OPTIMALISASI PENGGUNAAN FINGERPRINT READER DALAM SISTEM MANAJEMEN ABSENSI. AL-KHIDMAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1 Juni), 305–322. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/alkhidmat/article/view/212