EKSYAR RAMAH ANAK: LITERASI KONSEP HALAL DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHIBBIN BONDOWOSO

Authors

  •   Dianidza Arodha  Universitas Jember,  Indonesia
 

Keywords:

Ekonomi Syariah, Literasi Halal, Pendidikan Anak, Madrasah Diniyah, Eksyar Ramah Anak

Abstract

Penanaman nilai-nilai halal sejak dini menjadi bagian penting dalam membentuk generasi yang sadar akan prinsip halal dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengimplementasikan literasi konsep halal di Madrasah Diniyah Al-Muhibbin Bondowoso melalui program edukasi syariah ramah anak (Eksyar Ramah Anak). Program ini melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang mengajarkan konsep halal tidak hanya dalam konsumsi makanan, tetapi juga dalam perilaku, transaksi ekonomi sederhana, dan interaksi sosial. Beberapa metode yang digunakan dalam pengajaran termasuk storytelling dengan tokoh-tokoh anak Muslim, penggunaan media visual seperti gambar dan video, serta role-play untuk mensimulasikan aktivitas halal dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak mulai memahami dan menerapkan nilai halal, seperti memilih makanan yang halal, menjaga kebersihan, dan bertanggung jawab terhadap bekalnya. Mereka juga mulai menanyakan kehalalan makanan dan mengingatkan teman-teman mereka jika melihat sesuatu yang tidak halal. Pengabdian ini merekomendasikan pengembangan modul literasi halal yang sesuai dengan usia anak serta pelatihan berkelanjutan bagi guru untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas pembelajaran ini di masa mendatang

References

Anwar, M. (2022). Strategi Pembelajaran Fiqih Pada Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Syariah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45–60. https://doi.org/10.31227/jpi.v9i1.1032

Azra, A. (2018). Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal. Jakarta: Kencana.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.

Barone, D. M., & Mallette, M. H. (2013). Best Practices In Early Literacy Instruction. Guilford Press.

Budiarto, D. (2020). Literasi Keislaman Anak Usia Dini: Kajian Konsep Dan Praktik Pembelajaran. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 7(2), 120–133.

Djamaluddin, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 15–26. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3275

Epstein, J. L. (2001). School, Family, And Community Partnerships: Preparing Educators And Improving Schools. Westview Press.

Fikriyah, N. (2023). Pendekatan Holistik Dalam Literasi Halal Anak Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(3), 210–224.

Hidayat, T. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Halal Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 33–48. https://doi.org/10.24042/alathfaal.v4i1.8231

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The Effects Of Storytelling And Story Reading On The Oral Language Complexity And Story Comprehension Of Young Children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1007/s10643-004-6034-5

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Pedoman Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam.

Lubis, A. Y. (2022). Peran Madrasah Diniyah Dalam Membentuk Karakter Anak Berbasis Nilai Keislaman. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keislaman, 6(1), 85–97.

Mansur, M. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam: Telaah Filosofis Dan Praktik Kontemporer. Islamic Education Journal, 3(2), 77–89.

Mardliyah, S. (2020). Model Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Islam. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 22–34. https://doi.org/10.31004/ra.v4i1.1013

Mudzakkir, A. (2022). Transformasi Kurikulum Pendidikan Diniyah Menuju Integrasi Nilai Halal-Thayyib. Jurnal Kurikulum & Pembelajaran Islam, 10(2), 205–221.

Muhaimin. (2017). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengevaluasi Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Munastiwi, E. (2021). Developing Islamic Early Childhood Education Through Character Building. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 987–996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.827

Nashih, M. (2023). Literasi Halal Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 145–160.

Qomar, M. (2022). Integrasi Nilai Halal Dalam Kurikulum Diniyah Berbasis Lokalitas. Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, 6(3), 300–314.

Rohman, A. (2021). Pendidikan Syariah Ramah Anak Dalam Lingkungan Madrasah Diniyah: Konsep Dan Implementasi. Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 11(2), 178–192.

Sari, D. P., & Rahman, T. (2020). Literasi Halal Sebagai Bagian Dari Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 142–156. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31875

Suyadi, & Widodo, H. (2021). Islamic Education For Children With Autism: A Case Study Of Inclusive School Models In Yogyakarta. Ilkogretim Online, 20(3), 316–326. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.03.36

Syafii, A. (2022). Pembelajaran Nilai Halal Untuk Anak Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 88–99.

Umar, M. (2023). Pendidikan Nilai Halal-Thayyib Pada Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 44–59.

Downloads

Published

2014-06-28

How to Cite

Dianidza Arodha. (2014). EKSYAR RAMAH ANAK: LITERASI KONSEP HALAL DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHIBBIN BONDOWOSO . AL-KHIDMAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1 Juni), 76–91. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/alkhidmat/article/view/187