PENGENALAN APLIKASI DESAIN FIGMA DAN CANVA UNTUK KETERAMPILAN SISWA DI SDN KEMBANG 1 KABUPATEN BONDOWOSO
Keywords:
Canva, Desain Grafis, Figma, Literasi Digital, Keterampilan DigitalAbstract
Program ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi desain Figma dan Canva kepada siswa di SDN Kembang 1 Kabupaten Bondowoso guna meningkatkan keterampilan digital dan kreativitas siswa. Metode pelaksanaan dilakukan secara interaktif dan berbasis praktik melalui koordinasi dengan sekolah, pengenalan konsep dasar desain grafis, dan demonstrasi langsung fitur utama kedua aplikasi didukung dengan latihan mandiri dan evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan, kemampuan praktis, serta motivasi siswa dalam menggunakan teknologi digital untuk membuat karya sederhana, seperti poster dan kartu ucapan. Selain itu, kegiatan ini meningkatkan soft skills seperti kreativitas dan kerjasama serta memotivasi siswa untuk terus belajar dan berinovasi dalam bidang desain. Kesimpulannya, pengenalan aplikasi Figma dan Canva efektif dalam meningkatkan literasi digital dan kompetensi desain siswa SDN Kembang 1 Kabupaten Bondowoso serta memiliki potensi besar untuk dikembangkan secara berkelanjutan dan diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah demi masa depan pendidikan yang lebih inklusif dan kreatif.
References
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan media pembelajaran era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arisanti, P., Pratiwi, D. E., Sholehah, I., Ma’arif, S., & Muhadi, A. I. (2024). Menghadapi Era Digital Dalam Dunia Pendidikan: Pelatihan Dasar Komputer dan Microsoft Office Untuk Siswa SDN Nanggungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat PADMA LIBERTY, 1(01), 75-89.
Bahanan, M., Qastalano, R. I., & Junaedi, R. A. (2024). Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM di Kabupaten Bondowoso. AL-KHIDMAT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2 Desember), 122-131.
Junaedi, R. A., Rahmatullah, M. A., Anggoro, A. D., & Safira, J. Z. (2025). Peran Media Sosial dalam Membentuk Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Bondowoso. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 6(1), 45—55.
Kurniawan, D. (2025). Membangun Keterampilan Desain Komunikasi Visual melalui Workshop Kolaboratif antara Guru dan Siswa di Kota Metro. Swadaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-17.
Lathifah, A. S. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran konstruktivisme: Meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 69-76.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019, July). Pendidikan di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.
Sudarsono, B. G., Bani, A. U., Sharyanto, S., Saputro, J., & Lestari, D. (2025). Meningkatkan Ketrampilan Digital Melalui Pelatihan Pembuatan Website Statis di SMA Muhammadiyah 14 Jakarta. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 3(1), 358-365.
Yatimah, D., Ansori, A., Hermawan, Y., Alhadihaq, M. Y., Erlangga, E., Putri, P. K., ... & Alviansyah, M. R. (2024). Pemanfaatan platform digital untuk pembelajaran kreatif dan inovatif. Bayfa Cendekia Indonesia.