PENERAPAN METODE MENGHAFAL QUR'AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI DI TPQ AL-IKHLAS BLINDUNGAN BONDOWOSO

Authors

  •   Aprillia Fentika Dewi Gita Anggraeni  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani,  Indonesia
 

Keywords:

Metode Menghafal Al-Qur`an, Tahfidz, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode menghafal Qur'an dalam pembelajaran tahfidz pada anak usia dini di TPQ Al-Ikhlas Blindungan Bondowoso. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam proses menghafal Qur'an serta tantangan dan solusi yang dihadapi oleh pengajar dan anak-anak dalam proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tahfidz dengan Pendekatan Repetisi Dan Permainan terbukti efektif dalam meningkatkan hafalan Qur'an anak usia dini. Selain itu, ada beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu dan konsentrasi anak yang masih terbatas, namun dapat diatasi dengan menggunakan metode yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode tahfidz yang lebih aplikatif di lingkungan pendidikan anak usia dini.

 

References

Abidin, A. Z. (2016). Metode Cepat Menghafal Juz ‘Amma: Beragam Trik Jitu Menghafal Juz ‘Amma. Mahabbah.

Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.

Effendi, T. H. (2009). Jurus Jitu Menghafal al-Qur’an: Panduan Praktis Menghafal alQur’an untuk Semua. Muntada Ahlil Qur’an.

Ilyas, Y. (2015). Kuliah Ulumul Qur’an. ITQAN Publishing

Ahmad, Abudan Ayatullah, Usia Para Ualam Ketika Hafal Alquran,Jakarta: Ma’had Tahfidzul Alquran, 2017.

Jessieca Annisa Meygamandhayanti, & Aep Saepudin. (2022). Implementasi Metode Talaqqi melalui Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 73–80. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1163

Suriansyah, M. A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27

Mukhlasoh, I. A., Hasani, S., & Kustanti, R. (2020). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan Tahsin Qiro’atil Qur’an Bagi Anak Usia Dini Di Tkq Miftahurrahmah. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol.3 No., 17–33

Muktafi, A., & Umam, K. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 194–205. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3070

Nurhasanah, M. (2022). Implementasi Metode Talqin dalam Pembelajaran Hadits pada Anak Usia Dini di TK Fakih Al-Kautsar Tempurrejo Widodaren Ngawi. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam Anak, 1(2), 36.

Sudibyo, A., Hidayat, S., & Muthoifin, M. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfizul Qur’an. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2893–2901. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1740

Suriansyah, M. A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Fentika Dewi Gita Anggraeni, A. (2024). PENERAPAN METODE MENGHAFAL QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI DI TPQ AL-IKHLAS BLINDUNGAN BONDOWOSO. AL-KHIDMAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2 Desember), 160–175. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/alkhidmat/article/view/159