PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM 13 DI RAUDLATUL ATFAL MABDAUL ULUM ROWOSARI SUMBERJAMBE
Keywords:
Mentoring, Curiculum Development, RAAbstract
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep Kurikulum 13 dan bagaimana itu dapat diterapkan dalam konteks pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di RA Mabdaul Ulum. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan guru-guru dalam implementasi K13 adalah dengan melalui pelatihan Implementasi Kurikulum 13 (K13). Merujuk pada permasalahan ini maka perlu adanya pendampingan dalam menyusun kurikulum 13 PAUD. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Partisipatif di mana melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, orangtua, pengelola PAUD, dan masyarakat setempat dalam proses penyusunan kurikulum. Diskusi kelompok, pertemuan stakeholder, dan konsultasi menjadi bagian dari pendekatan ini untuk memastikan bahwa kurikulum mencerminkan kebutuhan dan harapan semua pihak terkait. Kegiatan diawali dengan presentasi isi kurikulum 13 PAUD RA Mabdaul Ulum oleh Kepala madrasah PAUD RA Mabdaul Ulum. Kegiatan ini menghadirkan Stakeholder yakni, pakar kurikulum, orang tua dan guru. Undangan yang hadir memberikan masukan dan perbaikan terhadap isi kurikulum, Masukan terkait Capaian Pembelajaran, Standar proses pembelajaran, standar penilaian dan Visi Misi sekolah. Selanjutnya setelah memberikan masukan, Draf kurikulum langsung diperbaiki oleh Tim berdasarkan masukan dari stakeholder. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tersedianya Kurikulum 13 RA Mabdaul Ulum.
References
Anwar, Rusliansyah. “HAL-HAL YANG MENDASARI PENERAPAN KURIKULUM 2013,” no. 45 (2013): 97–106.
Arsyad, Hairuddin, and Sofyan Sauri. “Landasan Filosofi Pendidikan Dan Konsep Mendidik” 9 (2024): 1585–1596.
Dan, Rasional, and Elemen Perubahan. “Rasional Dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013” 4, no. 3 (2014): 1–9.
Education, Primary. “SITTAH: Journal of Primary Education, Vol. 1 No. 2, Oktober 2020” 1, no. 2 (2020): 149–164.
Hakim, Imam Nur. “PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF DI SD / MI DALAM KURIKULUM 2013” 19, no. 1 (2013): 46–59.
Hikmah, Jurnal, Jurnal Pendidikan, Islam Vol, Raja Lottung Siregar, and Urgensi Pengembangan Kurikulum. “Raja Lottung Siregar – Urgensi Pengembangan Kurikulum 2013 Page 1” 11, no. 2 (2022): 2–10.
Kbk, Karakteristik Kurikulum, K Dan, Kurikulum Merdeka, Belajar Pada, Tingkat Smp, D A N Sederajat, Ahmad Abdullah, and Al-fitri Yana. “Karakteristik Kurikulum Kbk, Ktsp, K13 Dan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Smp Dan Sederajat” 4, no. 1 (2024): 58–68.
Kewibawaan, Penerapan. “PROFILE OF HIGH TOUCH IN THE APPLICATION” 5, no. 2 (2015): 66–76.
Laela, Ika Nur, Meylinda Nurlatifah, Nabila Zahra Atika, and Restina Salsabila Eka W. “Penerapan Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Siswa Sekolah Dasar” 3, no. 1 (2024).
Lestari, Ika, Meli Nurbaeti, Endang Wahyudiana, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Negeri Jakarta. “A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ON MEDIA TECHNOLOGY IN CREATIVE THINKING FOR ELEMENTARY Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Negeri Jakarta , 13220 Jakarta ,” 34, no. 2 (2022): 82–118.
Pembelajaran, Kualitas. “1 , 2 , 3” (2013).
Penelitian, Pusat, Badan Keahlian, D P R Ri, Jl Gatot, and Subroto Senayan. “National Standards of Primary and Secondary Education Faridah Alawiyah” (2017): 81–92.
Pengembangannya, Kurikulum, and Jarnawi Afgani D. “Kurikulum Dan Pengembangannya” (n.d.): 1–34.
Penilaian, D A N. “REVISI TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN ASESMEN,” no. 1 (n.d.): 98–117.
Rahmadani, Amira Puput, Annisa Ramadhanie, and Candra Eka Pratama. “Hambatan Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Alalak” (2024): 1175–1187.
Rokhimawan, Mohamad Agung, Jami Ahmad Badawi, and Siti Aisyah. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Tingkat SD / MI” 4, no. 2 (2022): 2077–2086.
Siswa, Pengembangan Kreativitas, and Proses Pembelajaran. “Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran ….” 3, no. 2 (2017): 329–348.
Suastika, I Nengah. “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 ( Idealisme Dan Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan )” 10, no. 2 (2022): 291–300.
Susianita, Resta Ayu, and Lilia Pasca Riani. “Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi.” Prosiding Pendidikan Ekonomi (2024): 1–12.
Susilo, Joko. “PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ( PAKEM ) UNTUK MENINGKATKAN” (n.d.).
Utama, Ferdian, Yuning Eka, Rahma Wati, and Fitri Yani. “PENDAMPINGAN MEMBUAT ALAT PEMBELAJARAN EDUKATIF DARI KULIT TELUR DAN BIJI-BIJIAN TERHADAP GURU” 3, no. 1 (2023): 1–12.
Warmansyah, Jhoni. “Training on Digital Teaching Aids for Early Childhood Education for the Diploma Association of Early Childhood Education at Universiti Sultan Idris , Malaysia” 3, no. 1 (2024).
Widdah, Minnah El. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Praktis” 4 (2024).
“Keefektifan Model Pembelajaran” (2017).