PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MARKETING UMKM DI KABUPATEN BONDOWOSO

Authors

  •   Muhammad Bahanan  Politeknik Negeri Jember,  Indonesia
  •   Rezha Isyraqi Qastalano  Politeknik Negeri Jember,  Indonesia
  •   Rusli Akhmad Junaedi  Politeknik Negeri Jember,  Indonesia
 

Keywords:

Literasi Digital, Digital Marketing, Website, Transformasi Digital

Abstract

Peningkatan literasi digital marketing merupakan langkah strategis untuk mendukung transformasi digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bondowoso. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan pasar dan daya saing. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan literasi digital, pengembangan website, dan pendampingan intensif. Website yang dirancang meliputi fitur katalog produk, integrasi media sosial, dan transaksi online. Hasilnya, UMKM yang terlibat menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan pemasaran digital, termasuk optimalisasi media sosial dan website, yang berkontribusi pada peningkatan penjualan. Selain itu, program ini membangun kompetensi mahasiswa dalam penerapan teknologi digital dan kolaborasi. Kesimpulannya, kolaborasi antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan UMKM mampu menciptakan solusi inovatif yang mendukung ekonomi digital lokal, sekaligus memberikan peluang bagi UMKM untuk bersaing di pasar yang lebih luas.

References

Adnan, F., Putra, J. A., Leba, K., & Puspita, Y. (2024). ECONOMIC BOOSTING UMKM LOKAL DESA TENGGARANG, KABUPATEN BONDOWOSO MELALUI PENGEMBANGAN PLATFORM TENGGARANG DIGITAL MARKET (TRENDI). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10071-10076.

Agung, A. S., Yudiandri, T. E., & Ernawati, H. (2022). Literasi digital pelaku umkm dalam upaya menciptakan bisnis berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 87-103.

A’yun, Q., Anatasya, N. D., Rosyadi, M. I., Saptoulan, R. P., Manasikana, A., Azmila, H. U., ... & Dewa, S. (2023). Pendampingan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM di Desa Bandilan Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 234-239.

Hariyanto. (2023). Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyrakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital. Jurnal Abdimas Peradaban: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (2) 12-21.

Ilham, Amil Ahmad. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat dalam Upaya Membangun Desa Digital. Jurnal Tepat (Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyrakat), 6 (1) 95-106.

Izhari, Fahmi. (2024). Implementasi Program Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Pedesaan Melalui Workshop Komputer. JIPITI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (3) 30-36.

Karenina, M., Rizki, M. N., Pamungkas, D. P. P., Putra, W. A., Elizabeth, J. D., & Wibowo, A. A. (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOPI DI DESA SUKOREJO KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ITK (PIKAT), 4(2), 72-80.

Kusuma, A., Yusuf, M., Nathanael, Y. I., Wardani, F. N. C., Surya, A. C., & Bramono, R. N. (2023). PELATIHAN CREATIVE BRANDING KEPADA UMKM PENGOLAH KOPI DI DESA SUKOREJO, KABUPATEN BONDOWOSO. JABN, 4(1), 40-55.

Muis, A. M. (2023). Strategi City Branding “Republik Kopi” Bondowoso dalam Mendorong Umkm dan Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 18(2), 159-170.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Muhammad Bahanan, Rezha Isyraqi Qastalano, & Rusli Akhmad Junaedi. (2024). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MARKETING UMKM DI KABUPATEN BONDOWOSO. AL-KHIDMAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2 Desember), 122–131. Retrieved from https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/alkhidmat/article/view/156